CARA MENGOBATI BELL’S PALSY MUKA MENCENG


klik di sini untuk membaca artikel lengkap

CARA MENGOBATI BELL’S PALSY MUKA MENCENG

bell’s palsy adalah penyakit kerusakan syaraf yang menyerang saraf ke 7 dan jenis penyakit bells palsy ini menyerang pria juga wanita,bahkan bell’s palsy juga bisa menyerang anak-anak usia 6 tahun.banyak sekali penyebab terjadinya bell’s palsy dan terkadang anda tidak menyadarinya,karena serangan penyakit bell’s palsy tidak selalu datang secara mendadak ,bahkan dari awal gejala terjadinya bell’s palsy sampai terjadinya setting saraf sehingga mengakibatkan perubahan terutama pada bentuk wajah dan posisi bibir yang tidak simetris lagi antara 1 tahun sampai 5 tahun,fase terjadi pergeseran saraf dari normal ke abnormal antara 1 hari sampai dengan 1 minggu,beberapa penderita tidak menyadari sebelumnya

Jika anda mengalaminya maka tidak perlu panik dan gusar tetap tenang, apalagi patah semangat ,walaupun memang penyakit ini tidak terlalu menyiksa dengan rasa sakitnya seperti penyakit luka dsb,hanya saja mungkin karena posisi wajah atau muka adalah bagian pokok saat kita berinteraksi dengan orang lain ,tidak jarang akan menjadikan penderita minder,malu,dan merasa dikucilkan,mau tidak mau sebagian penderita mengalami down mental dan patah semangat,walau ada beberapa orang yg bisa menanggapi tamu ini dengan lapang dada dan tetap percaya diri, man jadda wa jada ,kesungguhan dan keuletan penderita adalah modal awal untuk bisa lepas dari penyakit ini,segeralah lakukan pertolongan cepat dengan memberikan kompres dengan air hangat dan handuk jangan menggunakan botol berisi air panas,dan segeralah periksakan pada dokter saraf terdekat untuk mendapatkan pertolongan,dan melakukan terapi ,atau vitamin tertentu untuk menghindari lebih parah, saya sertakan gambar titik pijat untuk bells palsy semoga bisa bermanfaat,anda bisa melakukannya sendiri teknik pijatnya,atau dengan bantuan ahli pijat yang paham pada teknik pijat

Pengobatan lanjutan anda bisa memilih mulai dari fisio terapi pada dokter ahli,akupunturis,akupresure ahli yang berpengalaman menangani kasus kerusakan saraf ketujuh.

Pilihlah tempat untuk pengobatan dengan bijak dan realistis ,untuk menghindari kesalahan analisa penyakit anda sehingga penangannanya pun salah,dan bukan kesembuhan yang anda dapatkan melainkan bertambah parah.

Pergunakan masker muka ketika bepergian,lakukan pengomprsan dengan air hangat rutin sehingga aliran darah pada bagian leher dan muka lebih lancar.

Berikut saya sertakan gambar cara terapi pengobatan bels palsy dengan pemijatan untuk bell’s palsy ,anda bisa melakukan sendiri ataupun dibantu orang yang paham mengenai jalur saraf.dan berpengalaman

Penanganan lebih cepat biasanya akan lebih cepat pula proses pemulihan penyakit bells palsy ini.

Tidak ada pantangan makanan untuk penyakit ini kecuali minuman yang menggunakan dingin (es)
andapun bsa datang ke tempat saya jika memungkinkan,insyaallah sy akan bantu ,sampai sembuh , bsa datang seminggu atau sebulan sekali

mas yono

desa kwadungan jurang kc kledung kb temanggung jawa tengah

no 081227497700 atau  08985550496 BB 26932f63

,adapun gejala awal bell’s palsy yang timbul adalah:

  1. mengalami pusing dan pegal pada leher sampai pundak sampai pergelangan tangan
  2. terjadi kedutan pada bawah bibir,samping hidung,dan pelipis terus menerus
  3. muka tidak tidak simetris /menceng ketika senyum bibir akan lari ke samping
  4. susah berkumur,meniup,dan ketika makan ,makanan akan tertaut balik bibir bawah
  5. pergeseran bibir bawah /melintir bagian lingkar bibir miring dan bengkak sebelah
  6. tidak bisa mengerutkan dahi,dan alis tidak bisa digerakan
  7. tidak bisa menggerakkan tonjolan pada pipi dan terasa kaku seperti mati gerak
  8. beberapa penderita mengalami penarikan otot mata dan berair
  9. nyeri pada bagian bagian tertentu pada area leher ke atas
  10. mata tidak bisa berkedip bersamaan dan pelupuk mata menyempit, pada bagian sebelahnya akan cenderung menonjol dan lambat berkedip,maka air akan masuk pada mata ketika mandi,karena tidak bisa melakukan gerakan reflek menutup
  11. terjadi kedutan berangsur angsur ,pada bagian bawah bibir dan bagian lainya
  12. lidah terasa keluh dan kaku sehingga tidak bisa lancar ketika bicara
  13. pada beberapa penderita bells palsy mengalami berkurangya pendengaran
  14. yang berhubungan dengan bell’s palsy adalah,vertigo,kelenjar tiroid,pendengaran,lidah,penciuman

PENYEBAB UMUM BELL’S PALSY

  1. terjadinya stres berat pada bagian otot otot terutama leher,mata,pundak dan punggung
  2. terdapat tumor DAN INVEKSI KELENJAR TIROID DAN mempengaruhi pada jalur saraf ke 7
  3. berada dalam ruangan atau tempat dengan suhu rendah antara 15 derajad celcius ke bawah termasuk tiupan  angin yang mengarah pada wajah/ubun-ubun langsung dan berlangsung berangsur angsur lalu terakumulasi dalam jangka waktu lama ,dan kondisi badan kurang sehat juga mempengaruhi pada kekuatan saraf menahan pembekuan saat terjadi penurunan suhu di sekitar.
  4. Benturan atau penarikan spontan yang mempengaruhi salah satu jalur atau simpul otot dan saraf yang terhubung pada saraf ke 7 sehingga memicu pergeseran saraf menimbulkan pembengkakan dan berlanjut menjadi bells palsy,biasanya terjadi pada olah ragawan dan pekerja fisik,dan kecelakaan
  5. Pola tidur yang tidak sehat .sebagai contoh ,tidur telungkup yang membuat otot leher menjadi melintang dan tanpa disadari proses berlanjut pada tidur,dan juga kebiasaan menempelkan muka pada lantai,sehinga peredaran darah pada area muka terganggu karena suhu rendah lantai membuat setting pembekuan saraf pada bagian muka

cara menjaga dan merawat 
agar tidak terkena bell’s palsy

  1. jangan tidur telungkup dengan muka menempel pada  lantai yang dingin
  2. jangan mengarahkan kipas angin pada  wajah dan kepala secara  langsung
  3. pergunakan masker muka ketika bepergian menggunakan sepeda motor
  4. segeralah mengeringkan rambut setelah mandi dan hindari langsung tidur  sebelum rambut kering
  5. usahakan suhu dingin pada ruangan ber AC tidak mengena langsung pada  kepala,muka dan leher
  6. jangan melakukan pemijatan urut pada leher pada saat demam tinggi
  7. hindari olahraga tanpa pemanasan terutama  olah raga yang berhubungan  dengan menggelantung
  8. lakukan relaksasi dengan pemijatan ringan tiap bulan bagi yang memiliki  aktifitas tinggi di depan computer
  9. hindari mandi air dingin pada malam hari jika kondisi badan tidak vit
  10. pergunakan penutup kepala saat kehujanan yang mengakibatkan kedinginan  pada area  kepala
  11. jangan melakukan pengompresan menggunakan es pada area muka ,leher  dan kepala
  12. hindarkan penggunaan bantal terlalu tinggi saat tidur

berikut golongan dan jenis bells’s palsy menurut 

penyebab terjadinya bell’s palsy

1.BELL’S PALSY temporary 

ini termasuk ringan dan bisa disembukan dengan cara pengompresan atau pemijatan ringan pada area,sedang penyebab awalnya biasanya mendadak ,karena kedinginan area kepala dan leher,golongan ini menyerang anak-anak dan ibu hamil ,golongan ini bisa sembuh sendiri walau hanya dikompres dengan air hangat ,pemulihan akan maksimal pada 2 bulan,namun beberapa penderita BELL’S PALSY ini jika tidak berhasil melakukan pemiulihan secara alami,makan beresiko menjadi kronis dan sulit sembuh juga membutuhkan waktu lama dalam penyembuhan

2.BELL’S PALSY area 

inveksi area,adalah golongan ke dua yang mana terjadi pergeseran/melintir pada saraf yang mengendalikan gerak pada muka,pendengaran,selaput mata,lidah kulit kening bibir.yang mana di area sekitar saraf tersebut terjadi inveksi seperti tumor,kanker area leher,luka pembengkakan kelenjar tiroid ,penyembuhan untuk golongan ini harus berurutan ,jika terdapat tumor maka tumor tersebut harus sembuh dulu,maka bisa dilakukan terapi lanjutan untuk mengembalikan posisi saraf sehinga berfungsi semestinya,

 

3.BELL’S PALSY cidera

BELL’S PALSY cidera ,adalah terjadi kerusakan pada jalur saraf pada area saraf ke 7 ,sedangkan penyebabnya adalah karena benturan keras pada leher,pipi,tengkuk,sehingga terjadi pergeseran,perubahan panjang saraf halus karena hentakan tarik,golongan ini biasanya terjadi pada kasus ,kecelakaan,olahraga,benturan,luka,saraf putus,golongan ini berbeda dengan golongan lainnya karena terjadinya diluar system metabolisma tubuh,jika saraf tidak putus,pecah,atau pembusukan ,kemungkinan besar bisa sembuh dalam waktu 6 bulan,dan beberapa penderita Bell’s palsy cidera menjadi permanen

4.BELL’S PALSY muscle stress (stres otot)

aktifitas yang berat,dan monoton dan perubahan suhu yang ekstrim akan menyebabkan kondisi otot -otot leher yang menegang menjadikan tarikan kuat pada saraf ke 7 ,golongan ini terkadang tidak disadari,dan dari akumulasi awal akan terasa gejala antara lain pegal pada leher,pundak dan kesemutan pada ubun ubun,ketika kondisi penumpukan dan tatanan saraf yang mekin lama makin menegang maka akan terjadi pembekuan saat terkena suhu dingin ,biasanya disertai sakit kepala,dan kedutan pada bagian tertentu pada wajah ,golongan ini menyerang ,orang yang memiliki kesibukan didepan  monitor berjam jam,atau sejenisnya,penyembuhan golongan ini membutuhkan waktu cukup lama ,antara 1 sampai 3 tahun agar bisa mengembalikan posisi otot yang sudah membeku,golongan ini ditandai terdapat benjolan pada leher belakang  atau bawah telinga,

 

5.BELL’S PALSY ekstrim fluktualy

perubahan suhu dan cuaca membuat tubuh mengalami droop kekebalan tubuh yang menurun sehinga tubuh tidak mampu bertahan dari cuaca yang ekstrim,perubahan cuaca yang drastis mengakibatkan tidak mampunya saraf melakukan respon cepat dalam beradaptasi,sehingga menimbulkan masalah pada saraf ke 7,golongan ini disebabkan pada kondisi ,berada di dalam ruangan ber AC dan memicu pembekuan saraf ke 7,terkena angin malam saat berkendara,terkena air hujan pada bagian kepala,mengguyur kepala menggunakan air dingin atau AIR es ,membiarkan rambut dalam keadaan basah ,mengkonsumsi minuman dingin saat cuaca dan suhu panas,namun hal hal di atas sebenarnya tidak menjadi masalah  jika seseorang memang memiliki susunan sdan karakter saraf yang kuat,terutama para olahragawan,
pengobatan golongan ini termasuk golongan sedang dan intensif pada bulan pertama untuk melakukan penghangatan pada area kepala leher dan pipi,

 

6.BELL’S PALSY genetika

bell’s palsy tidak menular .dan dari hasil penelitian penyakit ini sudah saya singgung di atas yaitu pengaruh dari daya tahan susunan saraf kuat dan lemah,jika orang tua pernah mengalami bells palsy maka anaknya juga memiliki resiko terkena bells palsy, danmun tensitsnya memang bervariasi,penyembuhan untuk golongan ini bisa memakan waktu antara 1 minggu sampai sebulan tergantung kecepatan dan ketepatan penanganan,semakin cepat tertangani  sebenarnya semua golongan bells palsy akan lebih cepat

7.BELL’PASLY faktor x

satu jenis penyaki termasuk bell’palsy ini memang banyak faktor penyebabnya mulai dari lemahnya system saraf seseorang,cuaca,cidera,sampai dengan penyebab yang lainnya yang mungkin belum bisa saya tulis di sini

semoga pengalaman ini bisa meringankan beban pikiran pembaca semuanya saya akan beritahukan kepada pembaca selanjutnya semoga allah senantiasa memberi kesehatan dan umur panjang agar bisa saling berbagi kebaikan  amin

341 responses to “CARA MENGOBATI BELL’S PALSY MUKA MENCENG

  1. Skitar akhir thn 2007, saya pernah mengalami bibir kanan menceng, terasa kaku dan berat dr bagian hidung sampai rahang bawah. Awalnya saat tidur kepala saya terasa keras sekali, klo kpala nempel ke bantal rasanya sperti sedang tidur di atas batu, sudah tidur telentang miring kanan-kiri tp te2p saja kepala terasa keras sekali, dan dr bagian hidung sampai rahang bawah terasa berat sprti mau ada yg jatuh dr bagian wajah saya.
    Pagi harinya pas saya sedang makan terasa agak kaku di mulut, gigi atas dan gigi bawah saat mengunyah selalu mlenceng jadinya sulit nengunyah. Waktu saya hanya berpikir mungkin krna saya lg sakit dan smalam kurang tidur (kepala terasa keras). Saat itu memang saya sedang sakit flu sudah 3 hari.
    Siang harinya saat saya makan, hal itu kembali terasa lg (sulit mengunyah). Saya coba istirahatkn dulu baru makan lg, krna pas td pagi stelah saya istirahat saya bisa melanjutkn makan dgn normal lg tnpa kesulitan mengunyah. Namun saat itu tetap saja saya masih kesulitan mengunyah dan rahang saya terasa kaku. Saya merasa ada yg aneh dgn muka saya, kmudian saya bercermin dan saya kaget sekali melihat bibir kanan saya menceng k bawah, wajah saya terlihat aneh skali.
    Karena panik ktakutan dgn gejala yg saya alami, ibu saya langsung bawa saya k puskesmas. Tapi krna stelah penangann blum juga da hasil (tdk th penyebabnya) makanya saya segera dirujuk k RSUD. Selama perjalann k RS wajah saya smakin terasa kaku, agak sulit bicara tp kata2 yang saya ucapkn masih terdengar jelas. Setelah penangnn d RS, beberapa jam kemudian muka saya terasa tambah kaku ditambah lagi tiba2 otot di leher saya terlihat begitu jelas dan besar2. Beberapa menit skali otot2 di leher saya mendorong rahang wajah saya ke atas, selang kmudian mendorong kepala saya k samping. Kepala saya serasa terpelintir dan hal itu berlangsug cukup lama skitar beberapa jam. Sampai2 pas lg dirontgen saya hrs berjuang keras utk mempertahankn posisi wajah saya supaya tdk bergeser atau gerak, pdhl waktu itu otot2 leher saya mendorong2 wajah saya kdg k atas/ k samping, sungguh menyakitkan dan pegal sekali rasanya.
    Saya baru dikasih terapi obat pd malam hari, tdk th knapa alasannya. Pdhl dr sore hari otot2 leher saya mengalami kejang.
    Setelah 2 hari alhamdulillah wajah saya kembali normal, bibir saya kembali normal.
    Tp stelah saya dirawat slama sminggu d RS, pnyakit dan pnyebab yg saya alami blum diketahui secara pasti.
    Apakah gejala yg saya alami jg termasuk Bells papsy?? Krna gejala yg sya alami da sdikit cukup berbeda dgn gejala umum BP (saya tdk ksulitan menutup mata, indra pengecapan saya jg terasa normal)

  2. Pak yono saya mau nanya nich,kalo orang tua kira2 umur 70 th an madih bisa nggak ya pak untuk disenbuhkan,orang dah selama 3 th nan menderita bp,terima kasih sebelumnya pak sebelumnya atas konfirmasinya.

  3. Terimakasih tipsnya, dan saya agak tenang , baru kali ini saya tahu penyakit ini, apa saya ketularan adik saya ya, yang juga kena bp dan belum juga sembuh bener, rencana kami mau datang ke rumah bp darmawulan , kiranya bisA bantu kami haturnuwun bapak

  4. Sugeng ndalu. Mas perkenalkan saya pk warman suraboyo n mau tanya apakah anak saya juga kena belpali ya, tadi sore sudah sy bawa ke dokter tapi masih menceng bibirnya, bisakah menolong Anak saya masn mturnuwun alamatnya dimana

  5. mas bisakah terapi tiap hari biar cepat sembuh insyaallah sy ke tempat njenengan minggu depan’mas sekalian kakak ku kena fertigo’trims

  6. Selamat pagi pak.sehabis pijat kok terasa ada yg narik2 di bawah bibir.dan leher tidak bahya khan pak? .kata ibu sieh udah klhatan mulai bergeser .aku juga merasakan kaku sudah tinggal dikit.makasih pak mungkin saya terapunya 15 hari sekali tak apa ya pak.

    • pagi juga mitha.alhamdulillah bertanda baik,dan saraf sudah mulai merespon,terapi 15 hari sekali tidak apa2 yang penting gunakan masker muka kalau naik motor,jangan mimum es dulu ,agar tidak melambat pemulihanyya

  7. Maaf mas saya masih berapkali terapinya.alhmdlh sudah mendingan .bibir sudah lurus lagi.tinggal kening aja.makash atas bantuanya mas.

    • @litle angel ,terimakasih ..sebenarnya kesembuhan bisa dari banyak cara,termasuk obat,akupuntur dll,tapi ,bellspalsy ,saya awalnya ragu untuk menanganinya,namun ternyata memang menyakut saraf dan alhamdulillah selama tidak ada cidera /putusnya beberapa saraf ,rekan rekan bisa sembuh seperti sedia kala,dan saya bersaran untuk melakukan terapi satu persatu ,karena saraf setelah dilakukan terapi membutuhkan standby agar proses pergeseran terjadi,namun jika melakukan terapi bergantian dengan beberapa terapi makan dari pengalaman justru memperlambat penyembuhan ,dan terjadi stres atau cidera saraf,selama memang memiliki pengalaman dan pemahaman soal teknik pijat menangani jenis bp ini memang butuh waktu,namun selama ini rekan 2 ,penderita BP ,1 bulan terapi sudah menunjukkan hasil ,80% dan ada juga yg sekali terapi sudah sembuh,tergantung parah dan tidaknya

  8. Alhamduliah akirnya ketemu jga , terimakasih bgd , bener2 saya sudah patah semangat, 7 tahun , kena bp , capek lelah dan bingung .coba berbagai macam obat dAn terapi. Blm dpt hasil. Sy mengucapkan banyak terimakasih buat mas yono yg sudah meluangkan waktunya. Buat saya, dengan apa sy membalas kebaikan mas yono, saya terharu sekali,saya sudah berangkat lagi mas. Ke hk , dan saya pede lagii, saya tidak menyangka bisa sembuh mas. Ternyata di sini juga banyak. Mas yg kena bp, bener kata mas yono, kalau tidur pipi nempel lantai bahaya. Baik mas yono salam buat keluarga, terimakasih

  9. Om mau nanya … pas aku bangun tdur … bibir aku kya bengkak di kiri trus kalau mengedipkan mata ,, mata sebelah kiri dluan tertutup dri mata kanan. klau berbicara, jelas tapi mulut saya tidak bisa bersiul sperti yang dlu apakah itu termasuk BP jga?
    aku jdi takut :(

    Mohon masukannya

  10. permisi bang..mau nanya nih istri saya mulutnya kejang2 trus miring ke kanan.. itu terjadi slama 1 menit setelah itu wajahnya kembali normal..apakah itu termasuk BP juga? kalo senyum, meniup, angkat2 alis, berkumur masi bisa di lakukan dan mulut normal pada saat bangun tidur. Mohon masukanya…

  11. Ping-balik: Cara Berkerudung Buat Muka Bulat - Fashion Tips Up To Date·

  12. Mas, saya mengalami sakit bp krena telinga saya infeksi n sudah saya lakukan operasi dengan dokter THT tp muka saya ditidak smetris lagi or kaku sebelah, apak bila dibantu mas?

  13. apa penderita bp bisa terserang secara perlahan2 seperti yg sy alami ini pertama terasa kuping berdengung selama 3 hari dan 3 hari kemudian terasa lidah kebas2 atau kurang rasa serta 2 atau 3 hari kemudian secara perlahan2 mulai terasa dibibir sampai sudah 14 hari sakit

  14. Sekedar sharing penderitaan : Muka kiri saya terkena BP 3 hari yang lalu dan muka saya sempat berantakan. Mulut sempat bergeser ke pipi bagian kanan, Kelopak mata kiri tidak bisa tertutup, Susah makan apalagi kalau berkumur air ngalir kelur mulut dengan sendirinya, lidah kaku dan indra perasa sudah hilang, dan banyak lagi kerusakan muka saya mirip Zombi ….tapi Alhamdulillah berkat pertolongan Allah S.W.T. dan saya lakukan pemijatan 5 x sehari yang saya lakukan sendiri sehabis sholat dengan mengompres air panas dan memijat/ mengurut sendiri dengan minyak zaitun, dan minum air daun Sirsak ( 3 gelas menjadi 1 gelas) dan dibantu oleh obat dokter Neurobion Forte, Acyclover, Lansoprzole dan Lapipal 500, alhamdulillah muka saya sudah kembali normal 99,9 %. Perubahan drastis dan significant hanya dalam waktu 3 hari. Sekian semoga bermanfaat dan semoga Sahabatku sependeritaan cepat sembuh. Salam (HP.0852 3044 3448)

  15. Pak ayah saya terkena bells palsy sudah skitar 2 mngguan, apakah ada harapan sembuh, yah saya penderita diabetes. Mohon pencerahannya pak :'(

      • Terapi nya gmna pak? Saya di lampung, ayah saya sblumnya terkena vertigo karena kupinya ada peradangan. Tiba2 dia terkena bells palsy jg.

      • trimakasih untuk info nya mba/mas…. sangat bermanfaat sekali buat saya. sebelumnya saya no problem dengan syndrom ini,, tapi lama2 saya jdi bertanya2 dan banyak orang2 di sekitar sya yg menanyakan nya,, saya mengalami bp nya di pipi kanan saya. tak jarang teman / orang2 biolang sya terkena stroke,, sya sedih mndengar itu,, tapi sya tdk mengerti harus bagaimana. dan artikel ini merupakan petunjuk buat saya. nama saya alice,usia saya skrg 26 tahun, saya mengalami kelainan ini sejak masih kecil kira2 usia 3 tahun. kata ortu dulu udah di bwa berobat kemana mana tpi tak sembuh juga. itulah alsan saya untuk tdk mempermasalahkan nya lgi.. tpi saat ini saya ingin benar2 sembuh dari kelainan in i…. . saya sampai menangis terharu ketika membaca artikel ini,,, skali lagi trims buat anda. salam kenal untuk anda semua. maaf boleh saya dapat no phone atau pin bb nya ? tq

  16. Assalamualaikum, mas saya suadah terkena penyakit BP sejak saya duduk di kelas 4 sd sampai sekarang di kelas 1 Sma . Apa masih ada harapan untuk sembuh total? Terima kash

  17. Assalamualaikum. Mas saya sempet putus asa bagaimana mengobati BP istri saya, ini terjadi pada saat istri hamil9 bulan dan sampe skrg sudah jalan 15 bulan istri kena BP, kami sudah mencoba mulai dari terapi panas dri dokter syaraf pakai alat sinar pake jarum pijet dimuka dll, namun hanya menyembuhkan 10% saja, mohon arahan apa yg harus saya lakukan apa kami harus dateng ke temanggung ato bisa transfer obat krn posisi kami di NTB mas. Mohon pencerahan
    Terimasih

      • Assalam alaikum Mas yono… saya joko dari Bantul. Alhamdulillah setelah 4 kali pengobatan melalui mas yono saya udah sembuh sekarang. Semoga semakin banyak yang Allah sembuhkan melalui mas yono.

  18. Assalamualaikum…
    Mas ibu sy sdh lama 2th trkena BP…
    Mw ktempat mas jauh di jawa, sy tdk punya keluarga disana yg bisa ditempati nginap mas…
    Boleh minta no.nya mas untuk konfirmasi selanjutnya….mohon bantuannya

  19. Saya berbagi pengalaman sy terkena BP selama 4 bulan :

    saya alhamdulillah sudah sembuh 100% saya melakukan terapi sendiri di rumaah dan sangat sederhana :

    1. panaskan leher depan dan bawah dengan air hangat dgn metode ( botol cap kaki 3 di isi air biasa 1/4 dan selanjutnya di isi air panas) .

    2. panas kan bagian bibir atas dengan metode yg bahan yg sama .

    3. panas kan bagian alis dan kening dengan metode yg sama .

    4. dan jgn lupa senam wajah seperti mangap dan angkat” alis

    Semoga dan bermanfaat . . selama ada kemauan pasti ada jalan

    • ass,,,,mass saya udah hampir 1minggu kena BP,,,sempat stress berat lihat perubahan wajah saya yg kurang symetris,,,,,apalg saya bekerja dikantoran,,,,hmpir 3hri saya tdk berani keluar rmh krn penyakit ini,,,
      skrg saya sdh lakukan 2x fisioterapy,,,tp blm ada perubahan:(

  20. mas saya seorang pelajar usia 16 th , saya terkena bellspalsy sudah 4 tahun , sudah terapi , akupuntur dll sudah lumayan mendingan tapi senyumnya masih belum simetris bagaimana caranya ? apa sudah terlambat untuk sembuh ??

  21. mas saya 23 thn… skitar 3thun yg lalu saya terkena bellspalsy dan hingga sekarang kira2 60-70% muka saya normal, tp msh ada gangguan dimuka… sperti tidak bisa bersiul / meniup seruling dngn normal, mata berair ketika makan,
    apa yg harus saya lakukan agar sembuh total…?
    apakah ada senam muka atau terapi?
    saya ngga di indo mas.. tolong bantuannya

    • lakukan senam muka ,dengan mengunyah permen karet,dan membuka lebar mulut dalam hitungan 1 menit,dan menahan angin dalam mulut ditahan selama 1 menit lakukan setiap hari sesering mungkin

  22. siang,

    saya terkena penyakit ini sudah 5 harian,.. saya binun,.. saat ini saya sedang hamil,.. sudah dikonsultasikan ke dokter saraf dan kandungan,. akhirnya disarankan untuk fisioterapi, tapi saat ini blm sempat karena dokter nya susah ditemui,..apalagi ini mau lebaran hikss saya binun apa yg harus saya lakukan ?? saya takut sekali

  23. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    mas.. saya arul usia 24 tahun, saya bru 2 hri kaya ni.. kmRen ke dokter gigi katanya kena BP…

    yg saya tanyakan apa saja yg hrs saya lakukan agar bsa sembuh total? N apakah klo saya ke pengobatan alternatif boleh?

  24. Assalamualaikum Wr Wb.

    saya sudah mengalami bells palsy 4 tahun, mulut saya kini bisa senyum tetapi tidak simetris, mata saya berkedip tetapi mulut ikut terangkat sedikit. semuanya bisa bergerak tetapi muncul gerakan baru, apakah itu bisa disebutkan sembuh? dan bagaimana definisi sembuh menurut bapak?

    terima kasih
    Wassalam

  25. Assalamuallaikum
    pak kira” yang baru 2 minggu sama yang udah bulanan atw tahunan,lebih mudah yang mana buat sembu,? atw sama sekali tidak terpengaruh dngan seberapa lama penderita Bp nya,,soalnya saya baru 2 minggu,,trus apha obat yang di beri dokter akan berpengaruh terhadap kesembuhan,? atw cukup di urut aja,makasih

  26. Assalamualikm mas. saya sudah terkena BP dari saya duduk di kelas 5 sd, dan sekarang saya sudah lulus sma, apakah BP saya masih bias disembuhkan mas terimakasih :D

    Prakteknya dibuka kapan lagi mas ?

    • waalaikumsalam,insyaallah bisa ,tetapi memang perlu waktu dan bertahap,saya kemarin sibuk ,jadi sementara sy blm bsa kembali terapi,insyaallah sekarang sudah ada wktunya,

  27. saya ini sudah terkene bell”s palsy 3 bulan sudah akupuntur 12 kali tetapi belum sembuh apakah bisa disembuhkan dg senam saja?? dan apa terapi lagi akupuntur atau lainya???saya tunggu jwb an… terimah kasih :) :}

  28. Ms sy mengucapkan banyak terimakasih atas bantuannya.saya sudah nyerah tadinya.tp sekarang sudah sembuh total .sy tidak tahu lg bagaimana membalas kebaikan mas yono.insyaallah lebaran sy mau silaturahim ke rumah.sekali lagi terimakasih mas

  29. Bpak saya sudah 6 hri trkena BP saya sudah melakukan semua pengobatan.
    Apakah pnyakit saya bisa lekas sembuh.
    Trim’s

  30. Allhamdulilah mas yono…BP saya sudah sembuh…dan anak saya sudah lahir dalam kondisi normal juga,sekarang sudah tidak sakit lagi,belum sempat ucapin terima kasih sama Mas yono…
    Sekali lagi saya Ucapin terima kasih sm Mas yono…:)

  31. assalamualaikum wr wb.mas yono,gmn kbr?mdh2an kesehatan lhr bthn dan limpahan rezki sll trcurah utk mas yono sklrga.alhamdulillah stlh 4x diterapi sm mas yono BP sy sdh smbh total,sy jg sdh bs braktvtas lg dg normal.trmksh bnyk mas.insyaALLAH kpn2 sy dtg lg ke rmh sampean.

    • amin yaa allah semoga allah senantiasa memberikan penyakit yang bersamaan dengan datangnya obat,saya hanyalah lantaran … tak berarti sama sekali tanpa tangan dan kuasa allah SWT …berbanyak banyaklah membahagiakan orang lain. insyaallah

  32. Sy pria mnikah brusia 35thn.
    Sy kena Bp br seminggu ini.
    Wajah msh tampak normal blm ada menceng2 ( jgn smp).
    Cm bgitu senyum at bicara br terlihat kl sy kena BP.
    Kl kondisi seperti itu, tingkat keparahan BP sy kira2 brp % pak ?
    Di pijat oleh bpk 1x sdh bs terlihat hasilnya ?
    Apa benar BP bs sembuh dgn sendirinya seperti yg pernah sy bc dr blog lain ?
    Mhn penjelasannya. Tks

  33. Terima kasih atas info nya..
    saya udah kena penyakit ini mungkin sekitar sejak SMP kelas 3
    sekitar 6 tahun sudah..
    saya sadar karena di foto saya sebelum itu wajah masih terlihat tidak menceng menceng..

    sekarang baru mulai coba terapi sendiri..
    doakan semoga diberi kesembuhan :)
    tetap tawakkal..

    kalau disini ada yang tau pengobatan di daerah samarinda.. mohon balas komen ini..
    terima kasih

  34. mas tolong nomer telfon yang bisa di hubungin dong…
    saya udah coba telfon nomer yg tertera di atas tapi ga bisa jga di tlfon,tlong mas saya butuh informasi nya dan saya rencana nya mau ke tempat mas,tapi saya belum tau daeah nya kalo saya nanya sama mas langsung kan lebih jelah dan paham

  35. asalamualaikum mas damar maaf nih saya mau nanya,saya hampir 2 bulan kena pnyakit BP saya skrng lg mnjalani terapi rutin d RS,alhmdllh skrng udah ad perubahan nya cuman yg bagian mulut sedikit skali perubahan nya..
    ap memang bgtu mas klo d bagian mulut aga lama pulihnya y???

  36. menurut dokter saya kena serangan syaraf ke 9 dan 10,muka tdk menceng tp bicara susah, telinga kiri berdengung dan kdg terasa senut2 sampe kesekitar telinga. apakah ini termasuk ball palsy ?

    • Sebelumnya saya mohon maaf, bila pertanyaan saya tidak berkenan. Menurut dokter dari hasil RMI, saya kena serangan syaraf tepi ke 9 dan 10, muka tdk menceng tp bicara susah, telinga kiri berdengung dan sering terasa senut2 sampe kepala disekitar telinga (hampir setengah kepala bagian kiri). apakah ini termasuk ball palsy ?. Mohon penjelasan. Terima kasih.

  37. Ping-balik: Cara Mengobati Telinga Berair | Caramanfaat.net·

  38. Anak kami perempuan usia 14 Tahun seminggu lalu jatuh dari motor sempat tidak sadar kurang lebih 2 jam … sekarang sdh pulang dari rawat inap. telinga kiri mendengung bibir kiri menceng … kami ingin berobat terapi ke tempat bapak atau ibu posisi saya di Surabaya mohon alamatnya.. terima kasih

  39. pak,saya mengidap bells palsy sudah 1 tahun lebih.awalnya saya tu hujan hujan nan.trus pas sekolah angin nya gede pintu kelas nya gak di tutup apalagi kelas saya di lantai 3.beberapa hari kemudian mulut saya untuk bersiul ĸƠ̴̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴̴͡ќ susah,ke esokan harinya.pas bangun tidur tiba” mulut terasa aneh,.kirain itu cuma sakit biasa,7 hari kemudian saya di bawa ortu ke r.s.trus di rs di terapi sampai 5 kali udah agak mendingan.ke pengobatan alternatif 3 kali,tapi koq gak sembuh”,trus saya kembali ke r.s untuk menjalani terapi lagi,tapi kata dokter udah gak perlu diterapi suruh nebus obat nya aja,katanya ini udah mo sembuh..tapi udah 1 bulan sembuhnya belum total.
    sekarang mata әҟυ yang kiri beda ama yg kanan,yang kanan lebih besar.trus senyumnya blum bisa totsl.jadi kalo ketawa selalu saya tutupin,ga pede..
    gimana solusinya pak?

  40. pak, saya sudah lakukan terapi sesuai gambar diatas, tp wktu sya menggembungkan kedua pipi, agak terasa sakit d bgian bawah telinga, apa itu tdak mengapa klw saya lakukan terapi terus. trimaksih sblumnya pak. lia di makassar

  41. Maaf saya menderita BP Muka saya menceng sebelah
    Sejak hari jumat pagi kemarin. / 4 hari yg lalu
    Mulanya saya bangun tidur jam 3 pagi langsung mandi
    habis mandi saya naik bis ber AC perjalan jauh antara malang ke madura
    Ada di dlm bis mata mulai berat untuk di tutup sebelah
    Sesampai di surabaya bibir juga mulai terasa agak susah di gerakkan
    Setelah perjalanan 11 jam
    Saya sampai di madura bercermin muka saya sudah perot / menceng.sebelah
    tadi mlm saya sudah kerumah sakit tapi dokter specialis syaraf lg tidak ada
    Dan di suruh kembali jam 3 nanti sore.
    langkah apa yg harus saya lakukan agar muka saya bisa kembali normal.
    Dan makanan apa yg di larang serta makanan apa yg dianjurkan agar muka saya cepat kembali normal.
    dan biasanya membutuhkan waktu berapa lama
    untuk kesembuhan ini.
    mohon sarannya dan saya ucapkan trimakasih.

  42. mas ,wajah sebelah kiri saya susah untuk merespons dan susah di gerakan kira2 sdh 3hari ,apa yg harus saya lakukan agar ini tidak ber larut2 dan wajah saya cepat normal kembali,trimakasih sebelumnya

  43. Mas.. Ko wajah sy gk smbuh”.. Sy kna BP dri tahun lalu, tepat minggu ini setahunnya. Wajah sy bsa grak dkit tpi gk seimbang dngn yg sblah. Sy lalu celaka,lalu mnderita BP ini. Gmna ni mas, sy pngen normal. Sy msh anak skolahan, slalu di ejek sma tman”.

  44. asalamualaikum… pak saya rizma dimakassar, hari minggu kemarin tgl 22 des saya terkena BP tiba-tiba wajah sebelah kiri saya terasa tebal dan bibi saya agak sedikit menceng ke kanan, dan mata saya pun selalu berair dan tidak bisa tertutup sempurna… saya belum kedokter,,, maaf minta saran nya pak apa yang harus saya lakukan.. jujur saya merasa tidak nyaman, karna saya seorang mahasiswa… terimakasih pak… wasallam

  45. Sy kena bp baru sebulan yang lalu..sy kalau sehabis diterpi istri koq tambah pusing mas?kalo tengah malam belakang telinga rasanya cenut2..gmn mas?

  46. asalamualaikum
    pak saya mearlyn dari lampung
    saya menderita bell’s palsy udah 7 tahun
    pada hal saya udah berobat kemana-mana tapi belum juga sembuh
    apakah saya masih ada harapan untuk sembuh ya

  47. Slmt pagi,
    Sy bs Mnta info alamat or no tlp yang bs di hubungi?sy domisili di semarang,ingin terapi kakak sy yang terkena bells palsy.sy tdk bs buka full Web nya,almt dan no tlp mas/mbak terapis g kelihatan. Mohon Hub sy segera di almt email sy.trmksh sblm nya

  48. saya juga sdh 6thn menderita BP,,kalo di surabaya dmna ya pak,,yang buka praktek pijet kayak bapak? alamat praktek bpk dmna?

  49. Ass…
    Sy mndrita Bp sjak 2010 smpe skarag. Hmpir 2th ni klo krjaan bnxak & nmpuk/tegang serig sakit kpla… Slma skit sy tdk prnah knsumsi obt krna stlah mnum,skit dkepala jd brtmbah. Lah,sy cek ke dokter,dblang klo Bp nya sdah mnjalar ke mata,klo ga diatasi akn buta.
    Mh0n pnjelasannya. Trims

  50. Assalamualaikum…saya penderita BP sejak 27 Nop 13..sekarang ini saya sedang pengobatan di dr.saraf..fisioterapi..dan pijat syaraf…kalo saya melakukan terapi sendiri dirumah apakah boleh Jg mas.kaku dibagian muka sebelah kanan..berarti kalo saya terapi khusus dibagian muka saja njeh.trimkasih atas jawabannya.wassalamualaikum

  51. O,.ya mas dr menganjurkan spy sy mnjalani akupuntur,.sdangkan sy msh mnjalani fisioterapi,..kt dkter fisioterapinya kurang greget,.lw mnurut njenengan gmna ya mas???

  52. O,.ya mas dktr menganjurkan spy sy mnjalani akupuntur,.sdangkan sy msh mnjalani fisioterapi,..kt dkter fisioterapinya kurang greget,.lw mnurut njenengan gmna ya mas???

  53. Ass,..mas sy dari lampung,.,sy terkena BP dr tgl 13 oktober ,.dan sy melakukan apa saran DR,.yaitu dg melakukan fisioterapy,.lalu terapi sendiri di rmh,.sy mw tanya kira2 sampai brp lama ya BP bisa sembuh total mas,.karena sy seorang guru yg harus slalu cuap2 di dpn kls,.dan jujur sy merasa amat sngt terbebani,.tolong bantu saya mas..mksih sblumnya..
    Wassalam.

  54. saya kadang2 merasakan kram/kesemutan pada sebagian/seluruh wajah dan sesekali rasa kram/kesemutannya itu sampai ke telinga dan kepala, namun tidak sampai membuat mata saya kesulitan utk menutup. Apakah itu juga termasuk gejala penyakit BP? Apakah yg saya alami ini bisa disembuhkan dengan terapi pijat seperti yg anda paparkan di atas? Terima kasih sebelumnya.

  55. Terimakasih mas sya sudah sampai rumah dg selamat.walau cuma tinggal 10% sy dh bersyukur sy sudah pede “semoga allah menambah keberuntungan buat mas dan kel,seperti kata mas. 10% ini akan berangsur sembuh sendiri,sallam

  56. Mas mau tanyak nih.. untuk penderita BP lebih baik pengobatan akupuntur atau terapi dokter? saya dr Medan sulit untuk berobat kesana.. hampir 2 minggu blom ada perubahan. Mohon sarannya? terima kasih :)

  57. pak..ayah sya kta dokter kena bell spals….tapi kok gag bsa jalan….apa tmn2 ada yg mengalami bell spals dan gag bsa jalan???

  58. Sy penderita bellpsssy dr thn 2005, dulu sdh bbrp kali terapi tp blm sembuh total, skrg ini telinga s y yg kanan radanys tdk enak, apa. ada kaitannya dgn bell passy? Kl mau ke kledung hari minggu buka tdk?

  59. pak, mw nanya skrng bells palsy yg saya idap sdah 1 tahun lbih tdak sembuh2, sdah 3 blan berturut2 terapi di rumah sakit tp hsilnya cuma sedikit pengaruhnya. bgmna ini pak yg sya lakukan selanjutnya. makasih

  60. Aslkm,maaf pak saya mau nanya kalau masalah gendeng telinga apakah bisa sembuh bekas sakit panas dulunya berdenging terus tapi ga sakit sudah bertahun2 mohon penjelasan nya terimakasih

  61. mas, anak saya sejak kelas 1 SD suka kedip-kedip matanya dan skarang tambah bibirnya kadang-kadang manyun atau merot sana sini. kata dokter tic tapi kalau kata terapis pijat saraf dulu anak saya jatuh terus ada saraf yang tersumbat. saya kasihan kalau anak saya harus minum obat terus. apa yang harus saya lakukan untuk kesembuhan anak saya. dia juga malu dengan gerak refleknya itu. terima kasih balasannya mas

  62. saya ucapkan banyak banyak terimakasih atas bantuannya ,dan meluangkan waktu buat saya,saya sudah sembuh dan sy sangat senang sekian lama saya malu dan tidak pede ,saya pamit pulang mas,kapan kapan ada kesempatan mas singgah dirumah saya,ya

  63. sy bs dibantu ndak?sy jg BP,sy sedih,sy jg pijit,ndak th jg klo beda pijitan,sy takut klo mlh syaraf sy byk rusak,,,ini bgmn???jauh juga smpean,sy punya baby …mohon bantuan nya>mkasih

  64. La Tahzan…jangan bersedih…bagi yg menderita..datang aja ke tempat mas Yono…insya Allah sembuh…ini saya jg lg di terapi :)

  65. Asslmu alaikum mas,, sy sdh seminggu ini kena bellpasy, dan sy sdg mngandung 9 bulan anak pertama sy….sy sdh mlkukan pngecekkan ke dokter dan d beri vitamin imunitas tubuh, dan sdh mlkukan fisioterapi 2 kali…d rumah pun sdh sy lkukan pengompresan dgn air hangat dan pmijatan sndri.. Kira2 brpa lama y sy bs smbuh??? Apakah tdk brpengaruh pd khmilan sy atw ktika sy mlhirkan nnti??

  66. assalamualaikum..sy mengucapkn banyak2 terimakasih .sy bersyukur sekali..sy sudah berobt kesana kemari mentok dan nyerah dan sudah pts asa..tp tdk ada hasil .tp sekarang sy sudah sembuh .dan tinggal sdkit lg.sy bln dpn dtg lg mas..

  67. Ijin mengkopi tips nya…saya menderita BP dari tahun 2009, sudah agak berkurang, tp masih terasa kaku, saya ingin sembuh total, semoga sharing nya mas damarwulan menjadi amal yang tak ternilai, kalo ada jodoh saya ingin bertamu ke rumah mas damarwulan, saya ingin sembuh total…
    terima kasih banyak mas…

    • Selamat sore,sy mau bercerita tentang penyakit Bell,s Palsy bbrp bln yg lalu Pembantu sy terserang penyakit Bell,s Palsy tpi Alhamdulillah sudah sembuh total awalnya dia bilang kalau tdk bisa memejamkan matanya dgn sempurna,lidahnya ga bisa merasakan,mulutnya mencong begitu dia bilang begitu langsung sy bawa ke dokter saraf di rmh sakit semarang & saran dokter saraf harus diterapi & sy jalankan saran dokter alhamdulillah 12 X terapi sembuh total jdi jgn khawatir bagi yg sakit Bell,s Palsy pasti bisa sembuh sempurna.

  68. Assalamu alaikum pak, saya menderita bell palsy sudah hampir 10 tahun, namun belum sembuh 100% kalo digerakkan misal bicara / berkedip sudah bisa namun, bagian kiri wajah saya kalo disentuh mati rasa, apakah mungkin masih bisa disembuhkan ? kalo hari minggu / libur praktik buka apa libur terimakasih.. wasalamu ‘alaikum wrr. wbb

  69. mas saya menderita BP sejak taon 2007..
    saya sudah coba pengobatan ke dr syaraf hasilnya nihil…
    saya biarkan gt aj..saya pasrah…
    penyakit BP saya berkurang. sekarang saya sudah bisa mengkedipkan mata..
    tapi yang saya heran kenapa asal makan air mata selalu kluar…

  70. salam kenal mas,
    mau tanya mas, buka cabang dijakarta gak, ??
    karena saya lg mengalami sakit bell’s palsy mas

    sblumnya trimakasih mas …

  71. misalkan saya ketempat bpk damarwulan,,,, untuk pengobatan bellspasy ,,, bersediakah bpk carikan tempat inap buat saya pak,,,, terima kasih,,

  72. ASSLKUM,,MAS SY JG SUDH MNDERITA BP SJAK THUN 2009,dan alhmd skrg sudh agak sdikit trlihat,namun sy ingin smbuh total krna kl di bawa bicara agak lama terasa pegal&kaku,cuma dibawa baca alqur’an aja yg trasa NORMAL walaupun membacanya lama skali,,sy ingin lbih normal lg sluruhnya,sy mnta alamatnya yg jlas;;ya mas,,,,???

  73. mas ijin donlot gambarnya ya,untuk membantu kesembuhan istri saya.
    semoga kebaikan anda mendapat balasan yg terbaik dari Allah SWT..aamiin

  74. Salam sejahtera utk pak damar,pak saya sudah 1bulan kena bel’s palsy,saya sudah ke dr.saraf dksh obat dan dsuruh terapi setrum wajah,di fisioterapi..tp hasilnya mata masih perih n blm bs berkedip,klo tertawa masih menceng saya gak bs niup n bersiul jg.. Saya mau coba terapi ke tempat bapak,kira2 klo terapi ke bapak brap kali yah pak?soalnya saya tgl dmalang..trimakasih pak.

  75. Ghaq bisa Soalnya Jauh saya tnggal d’bangka, kira” bsi sembuh ghaq klau kta sendri ya mlkukan pemijitannya,,,dan brpa persen aqhu bsa sembuh dngan cra mlkukannya sendri..?

  76. Pak saya kna BP udah 1 bln lbih, nah pas sya mengikuti terapi d’gambar tpatnya d’bagian rahang sya mrsakan mlut sya menceng k’sebelah kanan pdhal mlut sya normal hnya sja klau berbicara bru klihatan mencengnya,,, apakah itu pengaruh dri pijitan itu pak tlong jlaskan…?

    • penbatan BP yg bagus adalah intensif.dan memerlukan pengalaman.juga membhkan waktu tegatung berapa parah,jika ada waktu dan kesempatan datang pada kami ,,kami akan bantu

  77. bu saya mau tanya muka saya juga tidak singkron (panjang sebelh kiri ) tapi itu faktor dari tulang muka sebelah kiri lebih panjang apakah itu termasuk penyakit BP klo saya mati muka saya makin panjang aja yg sebelah kiri apalagi klo say buka jilbab kelihatan sekali

  78. Mas saya udah hampir 1 bulan Pijat sendiri, tapi perubahannya sangat sedikit sekali atau mungkin tidak ada, saya mau nanya apakah saya yang salah dalam memijat? atau kurang keras dalam memijatnya? atau kurang lama dalam pemijatan? terimakasih

  79. assalamualaikum mas haryo. tinggal sedikit lagi kaku dibagian pipi kanan saya, tlg baget di lanjut terapinya mas.saya sudah sangat seneng banyak baget perubahan pada muka saya,dan sudah bisa senyum.. terimakasih mas.

  80. alhamdulilah ya allah, penyakit bell palsy ku sudah mulai membaik,sekarang aku sudah bisa brkedìp lagi,alhamdulilah ya allah, aku ucapin makasih buat blognya mas damar yang mau brbagi ilmu trapi pijatnya, smoga allah subhanawata,ala memberikan pahala yg brlipat ganda buat mas damar, amin, dan buat yang blum sembuh ane doa,in smoga cepat sembuh,karna stiap pnyakit pasti ada obatnya, bersabar dan bnyaklah brdoa, yang mau sharing silahkan ke email ane, manyin52@gmail.com

  81. Asslmkm Mas. Saya senang membaca informasi cara penyembuhan Bell’s Pelsy. Saya baru terkena hampir seminggu yg lalu. Sekarang saya coba pijat sendiri sesuai dgn informasi blog Mas Damar ini. Yang perlu saya tanyakan: Apakah ada efeknya jika kita salah dalam urutan cara pijat dan waktu2 yg telah Mas tentukan?.. Karena lokasi saya di kota Medan – Sumatera Utara, apa rekomendasi Mas, agar penyakit Bell’s Pelsy saya bisa cepat sembuh?.. Terima kasih Wslmkm – Sabri Akbar

    • waalaikum salam. insyaallah. jika dipijit sendiri ,resiko salah pijat sangat kecil,tetapi jika ahli pijat yg menangani baru pertama kali,usahakan cari yg ahli betul dan memahami

  82. asalamualaikum wrb, met siang pa, saya sudah 4 hari kena BP, saya sudah brobat ke dokter saraf dan belum ada prubahan, kata dokter tidak boleh di pijat, mana yg benar ,mohon pak bantuan dan penjelasanya, dan saya yakin stiap pnyakit pasti ada obatnya, saya slalu memohon kepada allah ta,ala agar cepat sembuh,

  83. selamat sore pak, saya masih terapi berapa kali lagi pak.tinggal sedikit lagi dibagian keing pak yang responnya masih lambat.dan latihan kemarin dai bp. sangat membantu ,pergerakan pipi kanan saya.

  84. terimakasih mas saya muka saya bagian kiri sudah mulai nampak perubahannya,dan tidak menceng seperti hari pertama,sy merasa sedih bgd.. kata mas saya sudah 75 persen , minggu depan saya mo datang sm temen saya yg juga kena b palsy,trus mata saya sudah bisa berkedip lg .. makasih mas

  85. mas kebetulan saya kena BP , dan rencana mo ke tempat mas , cuma krn jrak nya jauh dan tiap hari harus kerja n kebetulan liburnya hanya hari sabtu dan minggu , kira2 bagaimana solusinya ? apakah seminggu sekali ( sabtu n minggu ) trus minggu dpn ke tempaat mas lagi dgn hari yg samaa

    Salam

    Sutrisno

  86. maaf saya sdh 3.5thn ini terkena bells palsy…betul2 sgt mengganggu aktifitas saya sehari-hari apakah ada kemungkinan bisa disembuhkan? saya sdh divonis oleh dokter saya sdh tdk bisa disembuhkan secara total…apakah itu benar adanya…??dan apakah dgn metode terapy yg bpk berikan ini bisa menyembuhkan penyakit saya ini…kira kisaran brp persen yh pak…??mohon penjelasan dr bpk… terima kasih atas waktunya…

    • saadah kusharties. membalas pesan anda… sebenarnya saya , anda dan yg lainnya tidak pernah sekalipun dapat menjamin sebuah kesembuhan, sedikit sekli kemampuan saya ,dan terbatas,semoga semangat kita semua menjadi jembatan kita untuk kesembuhan,dan jujur saja sy hanya bisa bantu maksimal ketika anda datang sempatkan waktunya , dan di tengah aktifitas sy saya coba bantu …

      • Kira2 brp hari wkt yg diperlukan utk terapy ini dgn cara bertemu langsung?apa memang tidak bisa dengan terapi yg bpk tuliskan di blog bpk? (karena saya seorang guru rasanya sulit meninggalkan anak didik saya terlalu lama)

      • secara teori, … tips sy mungkin bisa menjadi panduan ,tapi ketidakmaksimalan terjadi karena , memang bth penanganan tersendiri .untuk terapi berapa lamanya sy tidak bisa berkata dalam jawaban. tetapi jikapun bp datang ke tempat sy, sy akan bantu terapinya.dan mungkin bp bsa rasakan perkembangan dalam 10 hari

  87. terimakasih pak tipsnya sangat bermanfaat. saya sudah bisa tersenyum dan sudah lurus muka saya,walau belum 100 persen tapi saya sangat senang. bisakah bp menyempurnakan .. sy akan datang ke tempat bp terimakasih

  88. Agar dahi bisa mengkerut ke atas dan senyum bisa seimbang atau seperti orang normal bagian mana yang di pusatkan

  89. Ibu saya didiagnosa terkena stroke ringan, sudah berobat ke dokter, akupuntur, mnm mnman herbal, totok darah, terapi aura, sudah tidak menceng lg bibirnya, cuma sampai skr masih sedikit pelo, lidahnya msh terasa berat, apakah itu tanda2 terkena bell’s palsy?
    Ibu saya punya darah tinggi jg, apakah itu penyebabnya?

    • maaf belss palsy berbeda bu umi…,walau memang ada kemiripan..dan bellspalsy tidak ada hubungannya dengan hipertensi…tetapi penangannanya dan metode terapi ada uga beberapa titik yg sama

      • asalamualaikum… pak saya rizma dimakassar, hari minggu kemarin tgl 22 des saya terkena BP tiba-tiba wajah sebelah kiri saya terasa tebal dan bibi saya agak sedikit menceng ke kanan, dan mata saya pun selalu berair dan tidak bisa tertutup sempurna… saya belum kedokter,,, maaf minta saran nya pak apa yang harus saya lakukan.. jujur saya merasa tidak nyaman, karna saya seorang mahasiswa… terimakasih pak… wasallam

  90. ass . mas terimakasih. sekali panduan terapinya,saya sudah melaksanakan sama di gambar, dan saya sudah 80 persen, dan saya semakin yakin, dan saya akan meneruskan dengan terapi di tempat mas.muka saya sudah tidak menceng lg, dan saya bisa kedip sekarang, saya tetap akan datang minta bantuannya mas , terimakasih

    • syaraf keseimbangan bisa di pjat pada 4 titik di kaki jari paling ujung pada kaki ke arah belakang, dan beberapa titik yg tidak sinkron dengan tema . di halaman ini semoga saya bisa sertakan pada halaman lainnya yg sesuai.

  91. Pak, in suatu keajaiban dr ALLAH.. Smalam sy d pjat oleh seorang ahli pijit,trus stlah d pjit memang skt sekali sampai sy teriak2,, tpi pas sy tdur & bngun pagi tadi,sy bsa brkedip,senyum,tertawa,manyunin bibir,dll. & telinga sy yg mulanya tuli stlah tadi pagi sdh mulai bsa dngar. Smoga bpak bsa lbh sukses n mnymbuhkan org bnyk. Thanks for ALLAH SWT.

    • assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh… saya mau mengucap terimakasih sekali ,saya datang jauh jauh ingin sekali sembuh ,saya malu dan sedih melewati masa masa kena bells palsy ,saya sudah patah semangat rasanya,kesana kemari ,cari penyembuhan, tidak sedikit biaya saya keluarkan, saya haturkan terimakasih mas haryo ,melalui tangan mas , allah memberi kesembuhan bagi saya. saya tidak akan lupa kebaikan mas,2 tahuh sudah berlalu.. skrg saya sudah sembuh total … semoga allah membls kebaikan mas haryo wassalam …

  92. Assalamualaikum wr.wb
    saya ilham sudah 2.5 tahun terkena bells palsy, dan sekarang udah sembuh 70%, apakah pengobatan ini punya cabang di makassar? dan saya sekarang sedang mengikuti terapi ATFG-8 apakah cocok untuk penyakit bells palsy, saya kurang tahu? dan apakah penyakit ini bisa permanen? bagaimana resikonya jika salah pijit? terima kasih atas jawabannya. semoga allah dapat membalas kebaikan bapak :) terimakasih sekali lagi,

    • waalaikum salam ,sdr ilham di makasar.
      jazaakumullah atas pertolongan alllah semata .. saya tanpa sengana mendapat pasien bells palsy ,disebutnya,alhamdulillah para saudara saudari , yg bersikuat ingin sembuh dan dukungan semangat yang tinggi, sy bisa bantu meringankannya dengan terapi refleksi wajah.pertanyyaan anda saya jawab saya kurang paham .. dg pegobatan ATFG-8. maaf beribu ribu maaf.
      setahu saya dari pengalaman ,memang ada yg sembuh karena alami ,tetapi tidak jarang yg menjadi cacat permanen karena perlakuan pijat yg ,terlalu sering dan terlalu kuat,tentang benar dan tidak metode pijat saya rasa para rekan ahli pijat sudah memahaminya.
      saya tidak ada cabang dimana mana.inipun saya hanya sekedar membantu saja disela kesibukan saya sebagai petani.
      rentan waktu yg lama akan mengakibatkan setting otot lebih kuat dan lebih sulit dikembalikan,
      jika allah berkehendak ,, datang saja , ke gubug saya barangkali saya bisa membantu meringankan beban yg anda alami .. sejahtera selalu salam.

      • Pak kan disitu di jelaskan pijat 4x selama 4 hari, Jarak waktu pijat nya berapa- berapa jam?

      • dan juga saya ingin bertanya, kan yang terkena bells palsy muka saya yang di bagian kiri apa harus juga di urut yang seblah kanan? apa resikonya jika tidak di urut yang sebelah kanan?

  93. Asslamualaikum Mas

    Waaah. .Tambah Top Cer Aja Blok’a Mas Damaar. .Dengan tambahan Foto’a smakin Semangat. . Alhamdulillah Bell’s Palsy Sy Semakin Membaik Udaah Hampir 100% Maaass. .

    Di Tunggu Mas 3 Gambar Lagi Yang Belum Di Upload Biar Lebih Toop Ceer. .

    Buat Kawan” Yang Baca Coment sy. .Jangan Putus Asa. .Bell’s Palsy Bisa Sembuh 100% Kok. .Tetep Semangat ,Usaha , Jangan Lupa Do’a Kpd Allah Azza Wa Jalla Karna Smwa itu Allah Azza Wa Jalla Yang Paling Menentukan. .

    Salam Hamba Allah :)

  94. ternyata disini banyak sekali yg mau di pijit, beda dengan yg dikatakan dokter,
    saya jd tidak putus asa,
    tpi saya sedikit bingung juga melihat semua gambar nya, karna ada 5 gambar,

  95. Pak hrapan sy cm 1 sj, walau kening sy tdk bsa d angkat tpi pipi sy bsa trsenyum,bibir bsa manyun,, itu sudah ckup bwt sy, yg ingin sy tanyakan kalo cm untuk snyum dan bibir bsa gerak pijitnya bgaimana? Karena pipi sy tdk bsa gerak maka bicara sy krang jelas & biasa org2 d skitar sy sring mngejek sy si remaja stroke :'( sy memang yakin bsa smbuh krna ad jg tman sy celaka lalu seperti ini bsa smbuh,walau hanya kening’nya tdk bsa d angkat, & katanya dy hnya pijit wajah sama org ahli pijit

    • sdr agung , panduannya sudah cukup lengkap ,coba lakukan cara diatas ,sy tidak bsa membantu lebih banyak kecuali panduan diatas,tetapi bagi yg memungkinkan datang bagaimanapun tetap saya bantu, bukan apa apa karena pemijatan itu sendiri membutuhkan keahlian dan pengalaman,untuk tahu lebih detailnya dan cara mengatasinya.. begitu sdr agung.semoga tips saya bermanfaat

  96. Saya terkena bells palsy tgl 29 jan 2013..
    lsg ke dokter syaraf.. awalnya saya fikir saya terkena stroke..tp kenapa cuma wajah saja..
    akhrnya setelah dijelaskan skt saya, saya diberi obat acyclovir.. obat radang dan obat kebas..alhamdulillah skg mulut klu berbicara tidak mencot seperti awal kena dulu…
    tp kekuatan ototnya msh blm ada.. mata jg msh blm bisa kedip.. setiap hari sya lakukan terapi di rs.. umur saya 31th…
    mohon saraanmya pak..supaya wajah saya ad kekuatan ototnya lagi..saya sdh hampir putus asa…

  97. Pak maaf sy blm mngirim foto wajah sy yg d minta, sy mw minta nama fb & emailnya bpak,stlah saya add nanti sy akn krm foto itu. Atau bapak yg add fb sy , email : origamiloverz@ymail.com nama fbnya : AgOenx NakMigerz . Pak sy jg krna kcelakaan itu cuaca hujan dras,lalu sy kdinginan saat itu dan msh d jalan. Apa mungkin itu sebabnya? Dan apa tanda bila pnyakit ini permanen?

  98. assalamualikum wr. wb

    saya udah kena bell palsy dah 2 bulan, gara2 saya jatuh naik kendaraan,, saya sudah pergi ke dokter, kemudian saya di kasih beberapa obat, dan kata dokter saya harus sering makan permen karet,,, latihan otot muka, pemijatan 4 jari ke arah telinga, kompres dengan air hangat 4 kali satu hari, dan jika saya menekan alis mata saya, mata saya bisa ditutup, karna saya merasa tidak ada perubahan maka saya berhenti, dan saya putus asa,
    apa semua yg dikatakan dokter itu betul ???
    di pipi dekat hidung saya jika di tekan sakit, apa itu yg harus di pijit,, dan bagaimana cara pemijitannya ??
    berapa menit dilakukan pemijatannya ???
    saya tinggal di padangsidimpuan, jadi tidak mungkin bisa pergi ketempat bapak,
    dan saya sangt sedih karna orang tua saya sudah banyak mengeluar kan uang untuk penyakit saya ini,
    tolong pak beri jawaban, soalnya sebentar lagi saya mau melanjutkan kuliah,,
    trimakasih

    • waalaikum salam warohmatullahiwabarokatuh sdr hidayat.sdr coba cara pemijatan di blog saya pemijatan carilah ditempat titik terasa nyeri lakukan pegurutan dengan cara yg sudah saya tulis terimakasih

  99. say kena bell palsy 2 bulan, saya jarang sekali melakukan pemijatan ,karna tidak ada perubhan saya hanya pasrah apa yg di berikan oleh Allah,
    apakah yg saya lakukan salah ??
    apakah penyakit ini bisa permanen ???

  100. assalamualikum wr. wb

    saya udah kena bell palsy dah 2 bulan, gara2 saya jatuh naik kendaraan,, saya sudah pergi ke dokter, kemudian saya di kasih beberapa obat, dan kata dokter saya harus sering makan permen karet,,, latihan otot muka, pemijatan 4 jari ke arah telinga, kompres dengan air hangat 4 kali satu hari, dan jika saya menekan alis mata saya, mata saya bisa ditutup, karna saya merasa tidak ada perubahan maka saya berhenti, dan saya putus asa,
    apa semua yg dikatakan dokter itu betul ???
    di pipi dekat hidung saya jika di tekan sakit, apa itu yg harus di pijit,, dan bagaimana cara pemijitannya ??
    saya tinggal di padangsidimpuan, jadi tidak mungkin bisa pergi ketempat bapak,
    dan saya sangt sedih karna orang tua saya sudah banyak mengeluar kan uang untuk penyakit saya ini,
    tolong pak beri jawaban, soalnya sebentar lagi saya mau melanjutkan kuliah,,
    terimaksih

    • aalaikum salam warohmatullahiwabarokatuh kelumpuhan pada otot wajah , yang dikarenakan kecelakaan atau benturan, lebih membutuhkan konsentrasi dalam terapi karena biasanya ada beberapa syaraf yang mengalami kecacatan,yg saya temui biasanya bells palsy karena kondisi stress otot wajah dan terkena suhu dingin sehingga otot mengalami setting dan membeku dan menggumpal sehingga terjadi penarikan tidak seimbang antara kanan dan kiri bagian wajah.
      walau tidak 100% bells palsy bisa sembuh hanya dengan dibiarkan saja atau hanya dengan kompres air hangat. tetapi akan sangat lama kurang lebih 4 tahun, pemulihan dan itupun tidak bisa keselruhan otot kembali normal.berdasarkan pengalaman salam

  101. Mas, saya ferdi, 24 tahun dari jakarta.saya sudah kena bells palsy kira2 sudah hampir 2 mingguan…dari gambar & penjelasan diatas saya masih belum paham, saya takut nanti salah pijat, dan bukannya sembuh malah nambah parah,kalau bisa saya minta tolong dikirimkan videonya biar saya paham…makasih banyak mas, mohon bantuannya…

  102. . .maaf saya mau tanya. .saya tadi habis periksa. .kata dokter saya kena bells palsy. .terus saya dikasih bermacam-macam obat. .apa dengan obat itu penyakit saya bisa sembuh??

  103. Assallamualaikum…
    Saaya seorang ibu rumah tangga yg berusia 36 tahun yg terserah penyakiit bell palsy dan ituh pun belum lama saya mengetahui penyakit..apakah dengan cara akuguntur bisa memulihkan penyakit yg saya derita,terima kasih sebelum nya,harap dijawab,,,
    Wassallamualaikum,,,:)

  104. assalamualaikum ,,, mau tanya, teman saya umur (19thun) menderita bells palsy sejak kecil,, apakah ada kemungkinan untuk dia bisa sembuh,,, ??
    jika ada bagaimna cara penyembuhan nha,,,??
    terimakasih,,
    mohon bantuannya :)

    • waalaikum salam. bells palsy . biasanya menyerang bagian muka,tidak pada kaki atau tangan,soal sembuh itu ntar allah penentunya . kita hanya mampu berusaha membantu semaksimal mungkin ,sy pun tdk bisa memastkan jenis gangguan syarafnya jika tidak melihatdan check langsung. terimakasih

  105. Ass.wr.wb bu,gini suami saya sdh 4 bl kena bell’s pasy,saya sdh lakukan pijat dengan nasi yang panas tapi saya lapisi plastik terus saya lakukan pemijatan,kadang jg dengan jari hasilnya agak lumayan sich…tapi kok mencengnya blm ilang ya?trs matanya gk bs kedip dan nutup secara normal,sehingga mata berair terus..krj suami saya keseharian bahkan sampai malam di depan laptop apa itu pengaruh ya?

    • waalaikum salam . tidak pengaruh .. yg berpengaruh itu adalah hawa dingin,bisa dari ac atau kipas angin. meskupun bekerja berat tidak pengaruh tetap saja ,memperlambat penyembuhan,seharusnya ,bells palsi tertangani lebih dini . maka dalam jangka 2 bulan sudah total ,jika terlambat ,bisa permanen,karena setting syaraf . terimakasih

  106. Pak,, saya agung dari gorontalo. Sy kena bells palsy sdh sebulan stngah karena kecelakaan,sehingga syaraf sy trganggu. Lalu sy ingin tny bila melakukan terapi ini mnurut bpak bsa smbuh brapa lama? Sy cm ingin gangguan ini bsa smbuh krna sy tiap hari kena ejekan krna hal ini . Mhon reply

    • masyaallah.. sdr agung saya turut prihatin dengan apa yg anda alami ,setahu saya blls palsy yg pernah saya temui adalah karena ,kondisi syaraf dalam gangguan,karena beberapa sebab,salah gerak,kena angin ,atau karena shock.sedang hal yg anda alami karena ,kerusakan yg mungkin saja mengakibatkan kerusakan atau putusnya syaraf ,coba ada kirim foto anda via cah.angon@ymail.com saya akan lihat keadaan luar wajah. terimakasih

  107. Pak,, saya agung dari gorontalo. Sy kena bells palsy sdh sebulan stngah karena kecelakaan,sehingga syaraf sy trganggu. Lalu sy ingin tny bila melakukan terapi ini mnurut bpak bsa smbuh brapa lama? Sy cm ingin gangguan ini bsa smbuh krna sy tiap hari kena ejekan krna hal ini . Mhon d reply

    • lakukan sesuai kebutuhan saja biasanya . pemijatan urut pada syaraf tidak boleh terburu buru karena akan mengakibatkan kerusakan .lakukan 4 hari sekali . biar pemulihan berjalan wajar, biasanya kalau pemijatan tepat pada titik yg sakit akan lebih baik.lakukan sampai sembuh . bisa 4 sampai 7 bulan

  108. 1 minggu ini sy kene bell’s palsy dan tadi malam sy baca infonya, pagi ini sy mulai memijat sesuai dngan arahannya….makasih banyak moga rejeki tambah banyak dan sy cepat sembuh…aamiiin

  109. Waaah. .Mantaap ini Mas. . Alhamdulillah Dengan Mengikuti Saram Mas Damar Bells Palsy sy Berangsur Membaik Di Katakan Sudaah 90%nan lebih. . Alhamdulillah . .

    Makasi Mas

    : )

    • Krisna aq mw tnya ni,km kan udh pnglaman kena bell palsy, brapa lama km bsa smbuh sperti in stlah km mlakukan tips dri pnymbuhan bell palsy ini?mhon reply

      • sy terkena bells palsy udh 4 bulan. .pd saat 4 bulaan itu sy hampir putus asa. .setelaah sy baca artikel mas Damar alhamdulillah bells palsy saya sudah di katakan 90% nan. .udh bisa senyum. .ketawa. .kedip. .monyong(sedikit sekali mencong). .angkat alis dll. .alhamdulillah. .

        Mas Damar sy insya allah mw ke semarang untuk berobat agar cepet normal sedia kala. .

        Tolong Mas Damar Send alamat+nomer hp’a mas. .insya allah sy kesn bulan 4-5. . :)

    • Asslamualaikum Mas

      Mas Damar bgini sy mw bertanya. . Apakaah boleeh Mas Melakukaan Pemijetaan Di titik Syaraf Yang Sakit Stiap Hari dan Di Panas Kan Menggunakan Infra Red Stiap Hari? soal’a sy kl ada waktu kosong pasti sy lakukan itu Mas, Memijat sayaraf lalu sy panas kan menggunakan lampu infra red. . Tolong di reply Mas. .

      Suwun :)

      • sdr krisna . pemijatah harus interfal untuk menghindari kerusakan jaringan syaraf yang stres karena pemijatan yang terlalu dekat jaraknya. makin kemari semakin menambah interfal waktunya ..salam

  110. Sya kn skt bells plsy ini sdh 8thn ibu, kira2 bs smbh ga ya?? Klo boleh dr jakarta sampe k tmpt ibu di semarang naik bis apa ya?sampe k rmh ibu,bisa di jelaskan, saya ingin ksna..

    • kalau ada niat pasti ada jalan. panggil saja mas haryo .desa kwadungan kec kledung kab temanggung , bus jurusan wonosobo. dari terminal wonosobo naik bus kecil. ke arah temanggung. insyaallah saya bantu

  111. saya wkt smp kelas 3 prnh sakit gigi ,tiba2 rahang wajahq miring ap bisa di sembuhin pak ,dh 12 tahun pak ,kira2 butuh berapa lama ya

  112. Terima kasih banyak atas cara yang ditunjukkan di atas..
    Alhamdulillah saya sudah mencoba dan hasilnya jauh lebih baik…

  113. saya kena bels palsy dari kecil, apakah ada kemungkinan untuk sembuh.
    karena saya berdomisili di jakarta, apakah memungkinkan saya dikirimkan video cara pengobatannya serta obat/herbal yang bisa membantu.
    terima kasih banyak..

  114. tante saya kena bells palsy..mohon bantuannya..ibu di temanggung ?? kalo tidak salah tadi saya baca di daerah semarang
    mohon informasinya, terimakasih

  115. bu saya kena beells palsy udh hampir 1 bulan udh bolak balik fisioterapy tp blm ada hasilnya sama sekali ada cabang gak di jakarta…..??? di mana….??? thx

  116. Dear ibu, sy terkena bells palsy sdh hampir 3 bulan,sdh berobat kemana mana,dokter,alternative,therapy tetapi Blum ada hasil,bibir sy msh menceng dan mata sy perih. Tolong dong ibu kemana sy hrs berobat lagi,mohon tolong bantuannya.

    Terima kasih

  117. saya ibu rumah tangga, terkena beel’s palsy sdh 2 bln,awalnya panik sakit apa ini, skrg msh ke dokter diteraphi, kt dokter kurang lbh 1 bln bisa normal kembali, tp bgtu membaca artikel Bp.Damarwulan menarik jg, maka mohon bantuannya gmn agar wajah saya kembali sempurna..ingin memijat sendiri tp takut salah.makasih sekali bantuannya.

    • terimakasih ibu… saya sertakan caranya diatas. semoga bisa membantu percepat…kami memang ada klinik pengobatan alternatif gratis .LAATANSA di temanggng jika ibu sedia silahkan datang . jika berangsur2 belum ada perubahan .terimakash kunjungannya

  118. all tlong aku dong gimana cara nyembuhin penyakit BELL’S PALSY mungka aku ini., sudah hampir 2 tahun ni aku terkenanya, susah brobat ke : dukun kampung., dokter fisioterapy., tkng urut., dll . tpi skrng semenjak aku sholat dn berdoa terus alhamdulilah sudah tinggal bekasnya aja, tapi rasanya msih berat d pipi kiri dan alis mata kiri klw di naikin mata mengecil dn mulut ikut bergerak.keatas, skrng aku stres berat dan kepedean hancur d umurku 18th. klw g mw semubuh ku mw bnuh dri aja, gk sanggup ku menahan penderitaan ini lagi. siapa saja tlong aku kirim cara penyembuhan nya atw solusinya ke FB ku emailnya: rivalaja93@ymail.com Terima Kasih *_*

    • masyaalah adik ku disana … laa takhzan jika segala sesuatu yang datang pada kita selalu kita hadapi dengan emosi ,maka tentu kita akan bertambah sedih… .. saya bisa memahami perasaan adik … saya akan bantu jika anda bisa datang ke tempat saya …dan jangan tinggalkan sholat 5 waktu teruslah memohon kesembuhan selain berusaha secara nyata

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s