MANFAAT KULIT MANGGIS

Buah manggis selain rasanya manis dan enak ternyata banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, apalagi khasiat yang dimiliki oleh kulitnya. Dibalik rasanya yang pahit, kulit buah yang memiliki nama latin Garcinia mangostana ternyata mengandung segudang khasiat. Kulit buah manggis mengandung 2 senyawa alkaloid, yaitu sejumlah zat warna kuning yang berasal dari 2 metabolit, yaitu mengostin dan B-mangostin. Mangostin merupakan komponen utama, sedangkan B-mangostin merupakan konstituen minor. Kemudia, ditemukan metabolit baru dari kulit buah manggis, yaitu 1,3,6,7-tetrahidrosi-2,3-di(3-metil-2-butenil) xanthone yang diberi nama a-mangostanin.

Kulit buah manggis mengandung mangostin (1,3,6-trihidroksi-7-metoksi-2,8-bis(3metil-2-butenil)-9H-xanten-9-on). Mangostin merupakan tipe baru dari histamin. Mangostin yang merupakan hasil isolasi dari kulit buah manggis mempunyai aktivitas antiinflamasi dan anti oksidan. Dari hasi studi farmakologi dan biokimia dapat diketahi bahwa mangostin secara kompetitif menghambat reseptor histamin H tempat reseptor H1 pada sel otot lunak secara utuh.

kulit buah manggis

Khasiat kulit buah manggis untuk menghambat pertumbuhan sel kanker
Terdapat lebih dari 200 jenis bahan xanthon di alam, tetapi lebih dari 40 jenis xanthon terdapat dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan terbanyak. Kulit buah buah manggis ini mengandung senyawa xanthon yang meliputi mangosting, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolizanthone, tovophylin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid, epicatechin, dan gartanin. Kadar xanthon di dalam kulit buah manggis mencapai 123,97 mg per ml. Xanthon berhasiat sebagai antioksidan dan antikanker, diantaranya adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker hati, kanker pencernaan, dan leukemia. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi sehinga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Xanthone dalam kulit manggis juga dapat menyembuhkan penyakit tuberculosis (TBC), asma, dan sebagai aniinfalamsi serta anti diare. Tak hanya itu, kulit buah manggis juga dapat digunakan untuk atasi penyakit jantung koroner dan HIV. Dan masih banyak lagi khasiat kulit buah manggis lainnya.

Khasiat kulit buah manggis untuk menghambat pertumbuhan bakteri
Kulit buah manggis diketahui mempunyai daya antimikroba terhadap beberapa bakteri. Diantaranya telah dilakukan penelitian terhadap aktivitas xanthon dalam kulit manggis terhadap pertumbuhan staphylococcus aureus yang seisten terhadap antibiotik metisilin. Hasilnya menunjukkan bahwa satu isolate aktif, alfamangostin, yang merupakan salah satu derivat xanthon, menghambat pertumbuhan bakteri tersebut dengan MIC sebesar 1,57-12,5 ug/mL.

Khasiat kulit buah manggis sebagai obat anti jamur
Kulit buah manggis juga bersifat anti jamur. Aktivitas anti jamur hasi isolasi beberapa xanthon (salah satu jenis zat warna pada manggis) yang berasal dari kulit buah manggis dan beberapa derivat mangostin dapat menghambat pertumbuhan jamur Fusarium axysporum, Alternaria tenuis, dan Drechela oryzae.

Khasiat kulit buah manggis sebagai perisai tubuh terhadap radikal bebas
Penelitian anti inflamasi dari kulit buah manggis dilakukan dengan menggunakan mangostin dari ekstrak etanol 40%, yang mempunyai aktivitas penghambatan yang kuat terhadap pelepasan histamin dan sintesis prostaglandin E2 sebagai mediator inflamasi. Ekstrak metanol kulit buah manggis mempunyai efek meredam radikal bebas yang kuat.

Khasiat kulit manggis sebagai obat alami

Banyak manfaat yang dapat diambil dari kulit buah manggis, terutama sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:

  • Kulit buah manggis sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan
  • Kulit buah manggis sebagai obat alami penyakit Disentri
    Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus denga 4 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, lalu diminum dengan madu bila perlu. Minum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 3/4 gelas.
  • Kulit buah manggis sebagai obat Diare
    - Ambil kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring, kemudian diminum dengan madu seperlunya. Minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.
    - Cuci bersih 5 gr kulit buah manggis segar, 2 genggam daun senduduk muda yang masih segar, dan 3 lembar daun sembung segar. Rebus 1,5 gelas air besih sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum untuk tiga kali. Yaitu pagi, siang dan sore.
  • Kulit buah manggis sebagai obat Wasir
    Keringkan kulit buah delima dan kuit buah manggis, buat menjadi serbuk untuk diminum
  • Khasiat kulit buah manggis untuk menyembuhkan Radang Amandel
    Kumpulkan kulit buah manggis yang telah masak, cuci hingga bersih, dan masukkan kedalam air mendidih. Satu buah kulit manggis direbus dengan 2 liter air. Setelah beberapa menit, angkat dan saring lalu dinginkan. Gunakan untuk berkumur, usahakan sampai mengenai bagian amandel, tetapi jangan sampai tertelan. Ulangi beberapa kali sampai amandel tidak bengkak lagi.
  • Kulit buah manggis sebagai obat sariawan
    Ambil kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong-potong. Selanjutnya rebus denga 3 gelas air sampai volume tinggal setengahnya. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk berkumur dan diminum. Lakukan 3-6 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.
  • Kulit buah manggis dapat mempercepat penyembuhan luka dan gigitan serangga
    Kulit buah manggis yang telah kering ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit minyak, lalu diletakkan pada luka atau bengkak gigitan serangga.
  • Kulit buah manggis dapat memutihkan gigi
    Kulit buah manggis dibakar dan ditumbuk hingga halus dan gunakan sebagai pasta gigi.
  • Khasiat kulit buah manggis untuk Rematik/asam urat/kanker
    Kulit buah manggis diiris kecil-kecil, kemudian dijemur sampai kering. Celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering ke dalam 2 gelas air panas. Setelah hangat dan warna air menjadi ungu, ramuan dapat diminum. Rasanya agak sepet tapi enak
  • Khasiat kulit buah manggis untuk meredakan berak berdarah
    Ambil kulit manggis, cuci dan keringkan (dijemur sampai kering). Rebus bersama 5 cawan air hingga tinggal 1 cawan pekat. Minum secara teratur
  • Khasiat kulit buah manggis untuk mengobati pendarahan bagi wanita
    Ambil kulit dari 1/2 buah manggis, rebus lalu diminum.
    Gejala pendarahan pada wanita adalah sebagai berikut:
    -Keluar darah diluar haid -Darah keluar selama 1 bulan tanpa henti
    -Keluar darah dari kemaluan setelah buang air besar
  • Kulit buah manggis sebagai minum tonik
    Air rebusan kulit buah manggis digunakan sebgai minuman tonik.

Kulit buah manggis dapat digunakan untuk meredakan dan mengobati keputihan, nyeri tenggorokan, radang selaput lendir kandung kemih, radang usus, suplemen diet, antioksidan, dan antikanker, serta meningkatkan daya tahan tubuh terutama bagi pengidap HIV/Aids

 

SUMBER http://www.mediaberita.net/2012/05/khasiat-kulit-buah-manggis.html

1 Comment

One thought on “MANFAAT KULIT MANGGIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s