pepaya wulung


pepaya  memang memiliki banyak jenis mulai dari pepaya tahiland ,siem,pepaya ranti dan masih banyak lagi seperti ,pisang ,pepaya juga ada memiliki jenis berwarna ungu /wulung ..tetapi sejauh ini fungsi dan manfaatnya sama dengan pepaya pada umumnya ,dan perbedaan pepaya ini hanya pada pohon  dan tangkainya saja yang berwarna ungu,untuk daun walau berwarna ungu tidak setajam warna pada tangkai tetapi buahnya serupa dengan pepaya umumnya

  • Sebagai Obat jerawat.

Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.

Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.

  • Manfaat Memperlancar pencernaan

Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.

  • Menambah nafsu makan

Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan. Sehingga daun pepaya merupakan salah satu bahan makanan penambah nafsu makan.

  • Demam berdarah

Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Bintang sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

  • Nyeri haid

Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

  • Anti kanker

Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

Manfaat kesehatan dari buah-buahan dan sayuran tidak bisa disamakan dengan yang dijanjikan oleh pil gizi dan suplemen. Ahli gizi menganjurkan asupan murah hati buah untuk kesehatan optimal karena ini makanan yang sarat dengan semua manfaat. Buah-buahan adalah tambang emas dari vitamin, mineral dan serat dan ideal untuk mengkonsumsi setidaknya 4-5 porsi dalam sehari. Karena mereka berada dalam bentuk alami, account untuk bagian terbesar dari air dan kolesterol jahat 100% gratis, itu jauh lebih mudah bagi tubuh untuk memproses dan menyerap vitamin dan mineral dari buah segar.

Buah-buahan kuning dan oranye dan sayuran mengandung berbagai jumlah antioksidan seperti vitamin C serta karotenoid dan bioflavonoid, dua kelas fitokimia yang para ilmuwan sedang mempelajari secara ekstensif untuk mempromosikan kesehatan potensi mereka. Selain itu, basis ilmiah baru yang muncul untuk mendukung peran protektif untuk kelompok buah-buahan dan sayuran dalam pencegahan pembentukan katarak, penyakit paru obstruktif kronik, diverticulosis, dan mungkin, hipertensi.

“Pepaya” dianjurkan untuk menjadi salah satu pick tersebut dari kelompok buah-buahan kuning dan oranye, yang menjanjikan manfaat kesehatan berlimpah. Ini adalah seperti buah melon dengan kuning-oranye daging dengan puluhan biji hitam kecil tertutup dalam kulit yang berkisar dalam warna dari hijau menjadi oranye. Pepaya memiliki manfaat gizi yang tinggi. Hal ini kaya Anti-oksidan, vitamin B, asam folat, dan pantotenat, dan mineral, kalium dan magnesium, dan serat. Bersama-sama, “nutrisi mempromosikan kesehatan sistem kardiovaskular dan juga memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar.” Selain itu, pepaya mengandung enzim pencernaan, papain, yang digunakan seperti bromelain, enzim serupa yang ditemukan pada nanas, untuk mengobati cedera olahraga, lain penyebab trauma, dan alergi. Vitamin C dan vitamin A, yang dibuat dalam tubuh dari beta-karoten dalam pepaya, keduanya dibutuhkan untuk fungsi yang tepat dari sistem kekebalan tubuh yang sehat. Pepaya itu mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi telinga berulang, pilek dan flu.

Ini buah tropis yang sangat dicintai itu reputably disebut “Buah of the Angels” oleh Christopher Columbus. Pada abad ke-20, pepaya dibawa ke Amerika Serikat dan telah dibudidayakan di Hawaii, produsen utama AS sejak 1920-an. Hari ini, produsen komersial terbesar dari pepaya termasuk Amerika Serikat, Meksiko dan Puerto Rico.

Gluten mengacu pada suatu kelompok protein yang sulit bagi manusia untuk dicerna. Satu kelompok dari protein yang disebut gliadin diduga melakukan sebagian besar kerusakan pada lapisan usus. Glutenins adalah kelompok lain dari protein yang ditemukan dalam gluten dan dianggap berhubungan dengan penyakit kulit autoimun dan asma. Protein gluten sangat tahan terhadap pencernaan usus, meskipun grinding, pengolahan memasak, dan pencernaan.

Nutritive value of Papaya : Per 100 gm.

  • papayaVITAMINS

o Vitamin A  : 1,750 I.U
o Vitamin B  : Thiamine 0.03 mg.
o Riboflavin : 0.04 mg.
o Niacin       : 0.3 mg.
o Vitamin C : 56 mg.
o Also contains Vitamin E and K.

  • MINERALS

o Calcium        : 20 mg.
o Iron                : 0.3 mg.
o Phosphorus: 16 mg.
o Potassium   : 470 mg.

  • FAT : 0.1 gm.
  • CAROHYDRATES : 10gm.
  • PROTEIN : 0.6gm.
  • CALORIES : 39

Dilaporkan Kesehatan Manfaat Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain pencernaan dan karena itu berharga untuk membantu pencernaan.
Protein-mencerna unik enzim, papain dan chymopapain telah ditunjukkan untuk membantu peradangan lebih rendah dan meningkatkan penyembuhan dari luka bakar selain membantu dalam pencernaan protein. Nutrisi antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, termasuk vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten, juga sangat baik untuk mengurangi peradangan.
Buah matang mudah dicerna dan mencegah sembelit.
Studi kasus menunjukkan bahwa makanan ini diambil sendiri selama dua atau tiga hari memiliki efek tonik yang sangat menguntungkan pada perut dan usus.
Jus alat bantu pepaya dalam mengurangi infeksi usus besar dan memiliki kecenderungan untuk memecah nanah dan lendir dicapai dengan jus.
Dapat membantu mencegah kanker pada organ dan kelenjar dengan jaringan epitel (pepaya matang). Serat pepaya adalah dapat mengikat racun penyebab kanker di usus besar dan menjauhkan mereka dari sel-sel usus yang sehat. Selain itu, folat pepaya itu, vitamin C, beta-karoten, dan vitamin E masing-masing telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar
Mencegah mual (termasuk morning sickness dan mabuk)
Benih antihelmintic, untuk mengusir cacing dan mereka diberikan dengan madu. Mengunyah dan menelan dua sendok teh biji setelah setiap makan utama (tiga kali sehari).
Pepaya dapat sangat membantu untuk pencegahan aterosklerosis dan penyakit jantung diabetes. Pepaya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C serta sumber vitamin E dan vitamin A (melalui konsentrasi mereka pro-vitamin A karotenoid fitonutrien), tiga antioksidan yang sangat kuat.
Pepaya juga merupakan sumber serat yang baik, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

5 responses to “pepaya wulung

  1. Salam Pak Damar, saya membutuhkan tangkai daun pepaya wulung. Kira kira bagaimana saya dapat memperolehnya? saya mencoba menghubungi Bapak, tapi belum ada respon. Terima kasih Pak

  2. Saya kira tanggung jwb pengelola blog utk menjawab sekomplit-komplitnya dan sejelas-jelasnya pertanyaan yg muncul dari artikel yg dimuat. Jawaban mas awam (pengelola blog?) diatas sangat tdk mencukupi. Kebetulan saya juga sedang mencari menfaat daun pepaya wulung.
    Coba anda lihat bagaimana seriusnya saya menjawab pertanyaan dlm blog saya, sekalipun bidangnya berbeda dgn bid yg anda kelola.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s