FUNGSI LUDAH

Mengenal Ludah Anda serta Fungsinya…

kelenjar ludah Ludah anda adalah cairan mulut yang terdiri dari kelompok cairan-cairan yang oleh kelenjar ludah dikeluarkan di dalam rongga mulut dan disebarkan dari peredaran darah melalui celah diantara permukaan gigi dan gusi. Kalau anda pernah mendengar kata saliva, maka itu sinonim saja dengan ludah. Dalam bidang kedokteran gigi ludah lebih dikenal dengan nama saliva.

 

Ludah dalam mulut mempunyai banyak fungsi yaitu :

 

Melindungi permukaan mulut anda, baik itu mukosa dan gigi.

Ludah melindungi permukaan mulut anda dengan menghalangi terjadinya  infeksi oleh mikrorganisme (semisal bakteri) ia kemudian juga mencegah terhadap pengaruh kondisi asam yang dapat menimbulkan terjadinya lubang gigi. Ludah memberikan perlindungan terhadap gigi dengan mencegah ausnya permukaan kunyah gigi.

 

Mengatur kandungan air

Ludah terus mengeluarkan (mensekresi) cairannya setiap hari (sekitar 1-1,5 liter) untuk mengatur kandungan air, menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Dapat dibayangkan jika mulut anda kekurangan ludah, maka anda pasti akan merasa kering dan cepat merasa haus.

 

Mencerna makanan

Ludah mempunyai kandungan enzim yaitu amilase, yang bertugas mencerna makanan yang mengandung tepung kanji dan glikogen.

 

Untuk tanggapan pengecap

Ludah mempunyai komponen protein yang bernama Gustin, yang sangat penting dalam pertumbuhan kuncup pengecap pada lidah anda.

 

Untuk memberikan lubrikasi (sebagai pelumas)

Ludah berperan sebagai pelumas, sehingga memudahkan anda menelan bolus makanan, juga sangat dibutuhkan saat anda berbicara serta mengunyah

 

Sifat “ self cleansing” nya yang menguntungkan

Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh ludah adalah mempunyai sifat “self cleansing”  yaitu kemampuan untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan.

 

Sifat antibakteri dan antiviral

Ludah mengandung Immunoglobulin A yang mempunyai sifat antibakteri, dapat menetralkan virus, bakteri dan toksin enzim. Selain itu juga terdapat IgG dan IgM. Kemudian masih banyak lagi komponen protein ludah  lainnya yang sangat bermanfaat diantaranya ; enzim-enzim (lisozim, laktoferrin, dan peroksidase), musin glikoprotein, aglutinin, histatins, protein kaya proline, staterin, dan cystatin.

 

Sumber :

  • Amerongen V.N. Ludah dan Kelenjar Ludah, Arti Bagi Kesehatan Gigi
  • de Almeida PDV.Saliva Composition and Functions: A Comprehensive Review. J Contemp Dent Pract 2008 March; (9)3:072-080.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s